Siapa saja bisa memasak, tapi ternyata agar menghasilkan makanan dengan kelezatan sempurna atau memuaskan, dibutuhkan beberapa cara tertentu dalam mengolah makanan tersebut.

Jika memasak tidak memperhatikan hal tertentu bisa saja hasilnya fatal, seperti masakan yang gosong, terlalu lembek, terlalu keras dan sebagainya. Kali ini ada panduan kursus masak untuk kamu yang tertarik menguasai dunia memasak tersebut.

Mengikuti resep

Ketika membuat kue misal, maka kamu disarankan ikuti resepnya dengan tepat. Ada beberapa bahan tertentu yang harus dimasukan berdasarkan urutannya supaya tercampur lalu berfungsi dengan semestinya.

Ketika membuat kue tersebut, memasukan bahan-bahan tapi dengan urutan kurang tepat, maka bisa cukup berpengaruh. Misalnya kue tak dapat mengembang maksimal atau bahan-bahan bisa menggumpal.

Hindari memakai garam terlalu banyak

Hindari terlalu banyak memakai garam karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Nantinya kamu perlu lebih sering minum ketika makanan yang kamu konsumsi terlalu asin. Lebih baik secukupnya saja memakai garam untuk makananmu. Jumlahnya harus dipastikan sudah cukup juga selain tidak berlebihan.

Untuk memasak pasta dalam porsi besar, pakai panci besar juga

Kalau kamu masak pasta untuk banyak porsi misal 4 atau 5 porsi, maka jangan pernah pakai panci yang berukuran kecil. Jika bahan makanan terlalu banyak pada sebuah panci berukuran kecil, maka bisa membuat suhu air berkurang ketika sedang mendidih. Jika suhu turun drastis, maka bisa membuat waktu memasak lebih lama.

Tidak terlalu lama masak sayuran

Jika sayuran terlalu matang, sebenarnya bisa kehilangan kandungan vitamin. Sayuran kalau terlalu matang lebih kering juga atau lembek. Terdapat cara yang dilakukan agar mengatasi hal satu ini yaitu rendam sayuran dengan air es lalu kemudian hangatkan lagi secara perlahan.

Pakai pemanis yang alami

Seperti yang banyak orang tahu, konsumsi gula berlebihan memiliki efek buruk untuk kesehatan. Kalau memang menyukai hidangan yang manis, maka bisa coba ganti saja gula pasir biasa dengan pemanis yang lebih alami. Misal buah-buahan yang manis, atau madu.

By Alisha